KEUTAMAAN DALAM IBADAH UMROH ELHARAMAIN WISATA

Published on

KEUTAMAAN DALAM IBADAH UMROH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillah semoga kita semua dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'ala.

Siapa yang tidak ingin ke Makkah? Tempat dimana Rasulullah lahir dan tempat dimana kita bisa melakukan ibadah haji atau umrah. Diman kisah Nabi Ismail dan Siti Hajar mencari air dan keluarnya air zam zam. Setiap kita unat muslim pasti sangat menginginkan an merindukan kota tersebut. Dan kita juga bisa berumrah sambil mendekatkan diri kepada Allah.

Selain Makkah juga terdapat kota Madinah tempat dimana Rasulullah berhijrah. Dan kedua kota tersebut adalah kota yang sangat ingin dikunjungi oleh para kaum muslim.

Sebwlum haji kita bisa melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu. Untuk persiapan haji nanti , karena haji jauh lebih berat pelaksananya daripada umroh. Jika lkita sudah terbiasa dengan umroh maka kita akan merasa sedikit lebih ringan saat melaksanakan ibadah haji .

Dan dalam ibadah umroh kita pun bisa mendapatkan ke utamaan dan keutamaan yang menakjubkan dari Allah. Dengan syarat ikhlas agar umroh kita mabrur. Diantaranya

1. Umrah adalah jihad

Dari Aisyah radhiyallahuanha. Ia berkata “Wahai Rasulullah apakah wanita juga wajib berjihad?” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam menjawab. “Iya,dia wajib berjihad, tanpa ada peperangan di dalamnya. Yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah no 2901) kata Syaikh Al Albani hadits ini sahih.

Bisa dikatakan umroh bisa menggantikan jihad. Bahkan seorang wanita tidak perlu berperang jika ingin beejihad, cukup dengan menunaikan ibadah umroh mereka sudah dikatakan berjihad.

2. Menghapus dosa diantara dua unmroh.

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda. “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya itu akan menghapus dosa diantara keduanya. Fan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga. (HR. Bukhari no. 11773 dan Muslim no. 1349)

Denagn melaksanakan umroh,maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Asal kita ikhlas hanya karena Allah .

3. Umrah menghapus kefakiran dan menghapus dosa.

Dari Abdullah, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda. “Ikutlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembangkaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga. (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387) Menurut Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih.

Bahkan dengan umroh, Allah melimpahkan rezeki untuk kita, kita tidak akan rugi dan semakin melarat karena umroh .

Bwgitu sayangnya Allah kepada kita hingga kita selalu diberi kenikmatan bagi yang mau beribadah kepadanya. Itulah beberapa keutamaan dalam umrah, bahwa didalam umroh juga terdapat pahala dan penghapus dosa. Dan bisa dikatakan ibadah umrah merupakan ibadah yang juga istimewa.

Jika ingin mendapatkan keutamaan dalam umroh, hendaknya kita ikhlas melakukannya karena Allah. Bukan hanya semata-mata ingin gaya ataupun pamer. Tanpa ingin mendengar pujian dari manusia tapi semata-mata agar Allah merishoi dan mengampuni kita.

Karena keikhlasan adalah ibadah yang paling sulit. Walau terdengar mudah. Kita akan merasakan nikmatnya pabila kita bisa dengan ikhlas melakukan semuanya karena-nya. Selaku jaga kesehatan agar kita bisa melaksanakan umroh dan mendapatkan berbagai manfaat yang terkandung.

Bahkan dengan umroh kita juga bisa belajar untuk persiapan haji. Dimaan itu adalah kewajiban dalam rukun islam. Sepeti halnya ibadah mahdoh yang lain. Hendaknya kita sungguh-sungguh dan khusyuk.

Selain itu ada beberapa sunnah dalam melaksanakan ibadah umroh. Agar ibadah kita lebih afdhol. Maka akan saya tulis pada Artikel berikutnya tentang sunnah-sunnah ibadah umroh.

Elharamain wisata adalah penyelenggara umroh resmi terdaftar di kementrian Agama

dan termasuk penyelenggara umrah murah di bekasi

Comment on this post